Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Kamu
35x dibaca
19 April 2020 - 12:28

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Kamu

Joshua Lapinsky profile image
Diposting oleh Admin

Detail Artikel

Nama domain untuk sebuah blog  ataupun website bisa mengartikan sekaligus memuat identitas, brand, atau visi/tujuan dari situs itu dibuat.

Selain itu, nama domain merupakan salah satu hal yang penting dan juga berpengaruh terhadap perkembangan website nantinya. Meskipun hari ini tidak berpengaruh banyak, tapi di kemudian hari nama domain yang kita pilih sangat mempengaruhi website anda.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan memilih nama domain, berikut akan kami bagikan tips untuk dapat anda ketahui untuk dalam memilih domain.

  1. Memilih extensi domain yang tepat
    Ekstensi .com adalah yang paling banyak digunakan. Daripada menggunakan lainnya ini jauh lebih simple dan sifatnya universal. Oleh karena itu kami sarankan Anda memilih extensi yang satu ini untuk memudahkan web Anda terakses dengan jaringan yang sangat kuat.
  2. Gunakan kata kunci atau keyword selalu
    Nama domain sebaiknya dilekatkan dengan keyword supaya secara otomatis dapat memberi tahukan mesin telusur mengenai tema dan jenis situs web. Ini juga salah satu trik untuk membantu pengguna domain murah mendapatkan peringkat lebih tinggi pada telusur yang ada di Google.
  3. Singkat dan jelas
    Jangan berlebihan pada saat membuat nama sebuah domain. Selain nama domain haruslah yang paling bagus dan mengandung keyword pemilihan jumlah kata yang singkat akan lebih jelas supaya mudah untuk diingat.
  4. Buat nama domain yang paling diucapkan
    Selain pendek dan mudah diingat sebaiknya nama domain juga mudah diucapkan supaya gampang bagi semua orang mengingat apa saja tentang isi dalam web tersebut. Jika suatu saat seseorang ingin datang kembali sangat gampang mengingat apa nama domain tersebut karena mudah sekali diucapkannya.
  5. Buatlah nama domain dengan merek dagang
    Paling baik jika memakai nama domain yang dipakai untuk merek dagang. Asal nama tersebut bukan nama merek punya orang lain. Nama tersebut seharusnya sudah terdaftar di mata hukum supaya tidak dipakai oleh pihak lain atau mengklaim Anda sebagai plagiat. Oleh karena itu pakailah nama domain dari merek dagang terdaftar.
  6. Hindari pemesanan domain murah menggunakan tanda penghubung
    Tanda penghubung di dalam sebuah nama domain bisa menjadikan tanda domain spam. Bisa saja calon pengunjung di web akan kabur karena dikira jika situs tersebut web spam yang akhirnya mereka memilih back dan mencari website yang lainnya.
  7. Jangan memakai huruf berganda
    Salah satu hal yang perlu dihindari juga adalah huruf berganda sebagai contohnya WordPressssssssku.com. Ini akan berpotensi menyebabkan para pengunjung bisa salah ketik karena lupa berapa jumlah huruf s dari domain tersebut. Jadi, sekalipun membeli pada layanan penyedia domain murah paling tidak nama domain yang mudah diketik.
  8. Bisa pakai topik khusus tapi luas
    Misalnya nama domain Anda adalah melati.com, namun saat membuat artikel Anda ingin mengulas berbagai jenis bunga selain melati. Dalam hal ini bisa saja Anda lakukan yang terpenting fungsi domain tersebut mudah diingat oleh banyak orang dan kontennya memiliki manfaat yang sangat luas.
Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Ini Alasan Kenapa Usaha Kamu Harus Memiliki Website

Ini Alasan Kenapa Usaha Kamu Harus Memiliki Website

Tanpa dapat dipungkiri kita mulai beralih dari era industri menuju

Baca Selengkapnya
Tips Agar Website Kamu Dikunjungi Banyak Orang

Tips Agar Website Kamu Dikunjungi Banyak Orang

Punya sebuah website yang ramai tentu sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis yang

Baca Selengkapnya
Icon