Tips Agar Website Kamu Dikunjungi Banyak Orang
30x dibaca
20 April 2020 - 03:24

Tips Agar Website Kamu Dikunjungi Banyak Orang

Joshua Lapinsky profile image
Diposting oleh Admin

Detail Artikel

Punya sebuah website yang ramai tentu sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis yang menjual produk tertentu. Bagaimana tidak, keberadaan website secara tidak langsung akan memengaruhi tinggi rendahnya angka penjualan. Meskipun tidak semua pengunjung website otomatis menjadi pembeli, setidaknya potensi terjualnya produk lebih besar.

Manfaat website lainnya bagi sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan kredibilitas pemilik bisnis. Kredibilitas merupakan hal yang sangat penting di mata pengunjung atau calon pembeli. Pasalnya, transaksi jual beli yang dilakukan secara online rentan dimanfaatkan oknum tertentu untuk merugikan pembeli. Oleh karena itu, membangun bisnis online yang kredibel adalah sebuah keharusan pada masa kini.

Selain itu, memiliki sebuah website juga akan memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan branding terhadap produk yang dijualnya. Dalam hal ini, pebisnis dapat memanfaatkan konten-konten terbaiknya untuk meraih perhatian para pengguna internet. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, membuat konten website bukanlah pekerjaan yang sulit. Banyak perusahaan yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada kamu yang ingin memiliki website sendiri. Mau perseorangan atau perusahaan, semua bisa mendapatkan website yang mereka mau dengan mudah.

Namun pertanyaan selanjutnya adalah apakah konten website kamu sudah menarik? Apakah orang lain mau membuka website kamu dengan kesadaran untuk mencari info-info yang bagus serta memiliki point of view yang berbeda? Itulah yang terkadang tidak bisa dipenuhi oleh konten-konten yang ada di website-mu.

Tapi tenang saja, di bawah ini ada beberapa cara jitu agar konten website bisa diklik oleh banyak orang. Kamu tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas konten website setelah membaca cara-cara berikut. Perhatikan dengan baik, ya!

1. Bahas peristiwa yang sedang viral

Tipe konten pertama yang bisa kamu bahas di website adalah peristiwa yang sedang viral. Apapun itu, di mana pun itu, asalkan viral, kamu wajib menulisnya. Jangan pernah melewatkan kesempatan ini karena ketika ada peristiwa yang sedang viral, para pengguna internet akan berbondong-bondong mencari lewat mesin pencari. Dengan melakukan hal ini, bisa dipastikan traffic website kamu akan naik dengan sendirinya dan kamu berarti sudah memanfaatkan satu peristiwa untuk menjaring pengunjung website.

2. Menggunakan Desain Website yang Ramah Mesin Pencari

Supaya ramai dikunjungi, Anda harus memastikan website tersebut ramah terhadap mesin pencari. Tak bisa diabaikan, mesin pencari merupakan media yang sangat efektif untuk mempertemukan pengunjung dengan informasi yang dibutuhkannya. Untuk membuat website yang ideal seperti ini tentu tidak mudah dan diperlukan strategi khusus.

Agar mesin pencari merekomendasikan website tersebut, salah satu kriteria yang sangat penting adalah desain yang responsif. Apa yang dimaksud responsif? Artinya, jika website diakses melalui ponsel atau perangkat lain, tampilannya tetap enak dilihat. Sebagian website belum memiliki kriteria seperti ini. Jadi, ketika pengunjung datang menggunakan perangkat berbeda, tampilannya tidak teratur. Hal ini tentu sangat menyulitkan pengunjung untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Website yang tidak resposif biasanya jarang direkomendasikan oleh mesin pencari. Jadi, peluang ditemukan oleh calon pelanggan pun berkurang.

Dengan membuat konten yang SEO (Search Engine Optimizationfriendly, kamu akan mendapatkan bantuan secara tidak langsung ketika orang-orang sedang mencari topik yang memang kamu sediakan di dalam website kamu. Namun jangan sampai kamu terlalu berfokus juga dengan SEO karena ketika kamu terlalu ingin mendapatkan imbas dari penggunaan SEO, artikel yang kamu miliki biasanya malah dianggap tidak menarik karena menjadi sulit dibaca. Penggunaan keyword yang sama secara berlebihan tidak akan bisa diterima dengan mudah di pikiran pembaca sekaligus oleh Google sendiri karena bisa dianggap sebagai spam.

3. Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung ke Website

Media sosial tidak hanya digunakan untuk tempat bernarsis ria dan menumpahkan pemikiran-pemikiran para pemakainya. Kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menaikkan traffic website kamu.

Dengan membuat akun media sosial, kamu bisa menyediakan konten-konten menarik di dalam akun itu sehingga menjalin followers dengan sendirinya. Kalau perlu, sediakan giveaway agar jumlah orang yang mengetahui website kamu bisa meningkat tajam. Kamu bisa memilih media sosial yang paling tepat untukmu. Bisa Twitter untuk menyebarkan informasi secara cepat, Instagram dengan menyediakan konten visual yang menarik, atau Facebook yang bisa memberikan semuanya di dalam satu laman. Kamu tidak perlu memilih salah satu saja karena kamu bisa mengombinasikan semua agar jumlah pengunjung website kamu semakin naik dengan cepat.

Artinya, apabila tautan website dibagikan di media sosial, potensi untuk dikunjungi masyarakat dunia maya akan semakin besar. Namun, perlu diingat bahwa ada kriteria tertentu yang dapat membuat sebuah posting-an atau tautan menjadi viral atau dibagikan banyak orang. Beberapa di antaranya adalah memiliki konsep yang bagus, memiliki konten yang unik dan menarik, dan diunggah pada saat prime time atau waktu yang tepat.

Menariknya, media sosial adalah media yang sangat interaktif. Bukan hanya karena jumlah penggunanya sangat banyak, tetapi karena media sosial lebih mudah diakses. Bahkan, sebagian besar individu masa kini menghabiskan waktu berinteraksi dengan orang lain melalui media sosialnya. Nah, Anda dapat memanfaatkan isu ini untuk membangun relasi yang lebih dekat dengan para calon pelanggan maupun pelanggan loyal melalui media sosial.

 

4. Menjalin Hubungan dengan Influencer

Setelah memiliki akun media sosial, jangan lupa peran influencer yang banyak terdapat di media sosial. Kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk menaikkan pengunjung website kamu. Sinkronisasikan konten dengan profil influencer yang kamu pakai agar selaras dan sejalan dengan apa yang ingin ditampilkan kepada masyarakat.

Kelebihan lainnya ketika menggunakan  influencer adalah kamu bisa memilih influencer yang paling tepat dengan kamu. Sangat banyak influencer yang ada di media sosial. Dengan berbagai citra yang mereka bawakan, jumlah followers hingga tarif yang berbeda-beda pula. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan dana yang tersedia sehingga tidak muncul masalah sejak awal.

5. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Saat ini, ada banyak alternatif iklan berbayar yang bertujuan mendorong seseorang untuk berkunjung ke sebuah website. Salah satu contohnya, media iklan konvensional yang masih banyak digemari hingga saat ini. Sebut saja, iklan di media cetak dan media televisi.

Sebagai sebuah website yang terus berkembang, beberapa perusahaan biasanya juga menggunakan iklan di televisi untuk mengajak para penonton berkunjung ke website-nya. Tujuan akhirnya, banyak orang akan berkunjung di sana. Ini adalah metode yang umum dilakukan oleh para pebisnis yang memiliki budget cukup besar untuk promosi. Bukan hanya itu, kini juga ada iklan berbayar di media sosial atau portal-portal online yang banyak dikunjungi netizen. Tujuannya untuk memperkenalkan merek produk dan mengajak para netizen untuk datang mengunjungi website tersebut.

Selain metode semacam itu, ada pula bentuk iklan lain yang biasanya menarik pengunjung secara halus. Contohnya, konten-konten softselling yang secara tidak langsung memicu datangnya pengunjung ke sebuah website. Semua cara ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun demikian, hasilnya cukup berpengaruh terhadap naiknya jumlah pengunjung ke sebuah website.

6. Sediakan Produk yang Berkualitas dan Memuaskan Pelanggan

Selain 5 metode tersebut, hal yang tak kalah penting adalah memastikan Anda menawarkan produk-produk yang berkualitas dan memuaskan pelanggan. Menurut UNESCO, ada beberapa kriteria produk yang berkualitas dan layak untuk diperjualbelikan, yaitu:

  • Produk yang Excellence

Produk disebut excellence apabila produk tersebut berkualitas sempurna, baik dari pemilihan bahan dasar, teknik pembuatannya, hingga detail produk. Begitu pula pada penyajian atau hasil akhirnya. Produk yang memiliki kriteria seperti ini tentu akan sangat memuaskan pelanggan.

  • Authenticity

Sebuah produk yang berkualitas seharusnya autentik, menawarkan keunikan khusus yang tidak diberikan oleh produk lainnya. Inilah kriteria yang akan membuat sebuah produk lebih laku terjual. Jika tidak autentik, para calon pembeli akan memilih produk lain yang sama, tetapi dengan keunggulan berbeda.

  • Innovation

Produk disebut berkualitas jika menawarkan inovasi, terutama dalam memadukan unsur-unsur yang bertolak belakang sehingga menciptakan sesuatu yang harmonis. Keberhasilan sebuah inovasi akan menciptakan sebuah produk yang unik, bermanfaat, serta dicari oleh pembeli.

  • Marketability

Sebuah produk berkualitas seharusnya juga dapat dipasarkan. Dalam hal ini, produk yang tidak bermanfaat dan tidak memenuhi kebutuhan pengguna biasanya bukan termasuk dalam kelompok produk berkualitas.

  • Eco Friendly

Pada masa sekarang, kepedulian terhadap lingkungan menjadi isu yang semakin banyak dibahas. Terutama dalam pembuatan sebuah produk, ada nilai tambah bagi perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Jadi, jika Anda memiliki produk yang eco–friendly dan diolah secara aman, tak diragukan lagi hal ini akan membuat bisnis Anda lebih berkembang.

Bukan hanya terkait produk itu sendiri, layanan yang digunakan untuk menawarkan produk juga seharusnya memuaskan pelanggan. Hal-hal inilah yang menciptakan ketertarikan calon pembeli sehingga mereka dengan senang hati mengunjungi website terkait.

7. Keuntungan dari Website yang Ramai Pengunjung

Lalu, apa keuntungan memiliki website yang ramai pengunjung. Apakah hanya supaya traffic menjadi padat? Sebenarnya, tujuan utamanya adalah adanya peluang conversion rate yang lebih besar. Conversion rate adalah jumlah pengunjung yang datang berkunjung ke sebuah website dan berhasil melakukan transaksi.

Semakin banyak pengunjung website, peluang conversion rate tentu akan semakin besar. Demikian pula sebaliknya, semakin sepi website tersebut, peluang conversion rate tentu semakin kecil. Jadi, hal ini secara langsung berhubungan dengan potensi keuntungan yang didapatkan.

Secara tidak langsung, website yang ramai pengunjung akan mendapatkan keuntungan jangka panjang, yaitu branding yang kuat. Semakin populer sebuah website, namanya pasti akan semakin menanjak. Ini berarti, posisinya di mata pelanggan pun akan semakin jelas dan tidak tergantikan.

Nah, demikian 7 Cara Jitu Agar Website Kamu Dikunjungi Banyak Orang . Cukup mudah untuk diaplikasikan, bukan? Selamat mencoba.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Kamu

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Kamu

Nama domain untuk sebuah blog  ataupun website bisa mengartikan sekaligus

Baca Selengkapnya
Ini Alasan Kenapa Usaha Kamu Harus Memiliki Website

Ini Alasan Kenapa Usaha Kamu Harus Memiliki Website

Tanpa dapat dipungkiri kita mulai beralih dari era industri menuju

Baca Selengkapnya
Icon